5 Cara Memperkuat Fisik Pemain Sepakbola Agar Memiliki Stamina Prima

, , Comments Off on 5 Cara Memperkuat Fisik Pemain Sepakbola Agar Memiliki Stamina Prima

Salah satu olahraga berat yang membutuhkan fisik dan stamina yang kuat adalah sepakbola. Bayangkan saja, para pemain dituntut untuk terus bergerak selama 90 menit. Itu adalah suatu hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Tak jarang, para pemain menyediakan porsi yang lebih banyak untuk melatih fisik agar memiliki stamina yang prima. Lalu, bagaimana cara memperkuat fisik pemain sepakbola? Berikut ulasannya.

  1. Makan Makanan yang Bergizi

Ketika Anda berlatih fisik lima jam dalam sehari, tapi tidak diimbangi dengan makan makanan yang bergizi, maka tubuh Anda bukannya makin kuat dan sehat, malah makin drop. Makanan bergizi ibaratkan bensin, semakin berkualitas bensinnya, semakin baik outputnya. Oleh karena itu, jika Anda adalah pemain sepakbola, maka hindari makan gorengan atau yang instan-instan, tidak baik untuk tubuh Anda.

  1. Hindari Pola Hidup yang Tidak Sehat

Jika Anda adalah pemain sepakbola profesional, maka seharusnya Anda memahami hal ini. Ya, gaya hidup sehat harus menjadi prioritas. Ingat, Anda mencari nafkah dari sepakbola, sandaran hidup Anda ada di sana. Oleh karena itu, berikanlah yang terbaik. Mulai saat ini, hindari gaya hidup yang tidak baik, seperti merokok, mabuk, begadang, dan hal-hal yang akan membuat tubuh Anda menjadi tidak sehat lagi.

  1. Berikan Porsi Latihan Fisik yang Tepat

Kuantitas yang besar tidak selalu baik. Begitu juga dengan latihan fisik. Jika Anda memaksa tubuh Anda untuk latihan hingga sepuluh jam sehari, maka itu juga baik. Oleh karena itu, berikan porsi latihan yang tepat. Jika Anda belum tahu berapa porsi latihan yang tepat, maka Anda bisa bertanya pada pelatih, dokter, atau ahlinya. Selain itu, susun juga jadwal latihan yang terstruktur dan konsisten.

  1. Sebelum Latihan, Jangan Lupa Pemanasan

Apa tujuan motor atau mobil dipanasin terlebih dahulu sebelum digunakan? Ya, agar mesin tidak rusak atau tidak terkejut. Begitu juga dengan Anda, sebelum melakukan latihan, maka lakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot-otot Anda tidak tegang, sehingga bisa menghindari keram dan cidera.

  1. Lakukan Jogging dan Swimming

Dua aktivitas ini adalah hal yang wajib dan paling sering dilakukan oleh pemain top dunia. Kembali lagi, Anda juga harus tahu bagaimana cara melakukan aktivitas tersebut dengan baik dan benar, baik dari segi waktu, porsi latihan, dan seterusnya. Akan jauh lebih baik, jika ada yang mengontrol Anda ketika melakukan jogging dan swimming, semisal pelatih. Hal ini bertujuan agar Anda bisa diberi arahan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin memiliki fisik yang lebih baik sehingga berdampak pada stamina yang prima. Pernahkah Anda melihat pemain sepakbola top dunia memegang pinggang mereka dengan kedua tangan? Jarang! Itu menandakan fisik mereka sangat terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.